Jumat, 16 Desember 2016

7 DOA DAN AMALAN MELUNASI HUTANG PALING MUSTAJAB

7 DOA DAN AMALAN MELUNASI HUTANG PALING MUSTAJAB

Amalan melunasi hutang – Hutang adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Hutang akan menjadi tidak wajar jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membayarnya. Jumlah penghasilan Anda tidak dapat menutupi angsuran hutang tiap bulan. Meski begitu, hutang wajib hukumnya dalam Islam untuk tetap dibayar hingga lunas. Lalu, bagaimana cara mengatasi hutang kalau kondisi sudah mendesak seperti ini?
Jangan khawatir, agama Islam dan Allah Swt. sendiri mengajarkan bahwa ada beberapa cara dalam mengatasi masalah hutang, yaitu dengan memperbanyak doa dan melakukan beberapa amalan melunasi hutang. Cara Islami dalam mengatasi masalah hutang ini sudah terbukti efektif dalam membantu banyak orang terbebas dari jeratan hutang.
Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menghadapi masalah hutang, berikut ini beberapa doa dan amalan melunasi hutang yang diajarkan oleh Allah Swt. dan diteladankan oleh Rasulullah Saw.

Doa melunasi hutang secara Islami

1.Ayat Al-Qur'an surat Ali Imran ayat ke 26 dan 27
Selain amalan melunasi hutang, doa juga menjadi cara ampuh dalam membebaskan Ada dari lilitan hutang. Doa ini adalah doa yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. kepada sahabatnya yakni Muaz bin Jabal. Doa tersebut diajarkan sebagai doa dan wirid harian agar Allah Swt. berkenan melunasi hutang dan meluaskan rezeki Anda.

“Quli Allaahumma Maalika Almulki Tu’tii Al Mulka Man Tasyaau Watanzi’u Almulka Mimman Tasyaau Watu’izzu Man Tasyaau Watudzillu Man Tasyaau Biyadika Alkhayru Innaka ‘Alaa Kulli Syay-In Qadiirun.”
Arti:
Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

 Tuuliju Allayla Fii Alnnahaari Watuuliju Alnnahaara Fii Allayli Watukhriju Alhayya Mina Almayyiti Watukhriju Almayyita Mina Alhayyi Watarzuqu Man Tasyaau Bighayri Hisaabin.”
Arti:
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).

2. Dari Abu Wail berkata: “Ada seorang (budak) laki-laki datang kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu dan berkata, “Wahai amirul mukminin, saya tidak mampu melunasi uang syarat pembebasan saya, maka bantulah saya!”

Mendengar hal itu, Ali bin Abi Thalib berkata, “Maukah engkau apabila aku ajarkan kepadamu beberapa patah kata yang telah diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam kepadaku. Dengan beberapa patah kata itu, seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung Shir niscaya Allah akan membayarkan hutangmu. Bacalah:  

“Ya Allah, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang haram dan perkayalah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak meminta kepada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563, Ahmad no. 1319 dan Al-Hakim no. 1973).

3.Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam berdoa:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, belitan hutang dan penindasan orang.” (HR. Bukhari no. 6369). Doa ini juga perlu Anda ucapkan seiring Anda melaksanakan berbagai amalan melunasi hutang.

4.Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam berdoa dalam shalatnya:
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan hutang.”
Aisyah bertanya, “Wahai Rasulullah, Anda sering sekali berlindung dari hutang.”                   Maka beliau menjawab, “Jika seseorang telah berhutang, maka jika berbicara niscaya ia (bisa) berkata dusta dan jika berjanji niscaya ia bisa mengingkari.” (HR. Bukhari no. 832 dan Muslim no. 589)
Amalan melunasi hutang secara Islam
5. Kitab Silahul Mukmin, dibacakan setelah shalat Isya
  • Membaca surat Al Fatihah sebanyak 300 kali.
  • Kalimat Hawgalah sebanyak 41 kali: “Laa hawla walaa quwwata illaa billahil aliyyil azhiim“.

Cara: baca bacaan di atas dalam sekali majelis atau sekali duduk. Akhiri doa tersebut dengan menyebutkan permohonan kepada Allah Swt. Doa tersebut juga diyakini sebagai amalan melunasi hutang yang sangat cepat.

6.Kitab Al-Ausath
Ath-Thabrani meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah ra yang berkata: “Rasulullah Saw. bersabda; Siapa yang dianugrahi Allah suatu kenikmatan, hendaklah ia memperbanyak ucapan alhamdulillah; siapa yang banyak dosanya, hendaklah memohon ampun kepada Allah (membaca istighfar), dan siapa yang merasa diperlambat rezekinya, hendaklah banyak membaca “la haula wa la quwwata illa billah“

7.Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan:

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.
Arti:
“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)



Demikian beberapa doa dan amalan  melunasi hutang secara Islam. Doa dan amalan di atas merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan sebagai seorang hamb Allah Swt. Seiring dengan memperbanyak doa dan amalan, Anda juga dapat meningkatkan kemampuan diri dalam mengatasi masalah hutang, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam menemukan solusi melunasi hutang dengan cepat sehingga hidup Anda akan menjadi lebih tenang, tentram, dan bahagia tanpa masalah hutang.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Konsultasi

Apakah saat ini Anda sedang menghadapi berbagai masalah hidup? JANGAN CEMAS, Jangan Khawatir masih ada jalan untuk mendapatkan SOLUSINYA !!! Jangan biarkan masalah Anda menjadi kronis. Segera Datang dan Konsultasikan Masalah Anda HANYA dengan SOLUSI KHUSUS BIOENERGI bersama HM Syaiful M. Maghsri. Hubungi HP 081 827 8880 | 0853 2727 1999 |(0274) 412446 (Office) Invite PIN BB 2321942A | WA 081 827 8880