Senin, 19 Desember 2016

7 Cara Mengelola Uang Pinjaman Bank

7 Cara Mengelola Uang Pinjaman Bank

Cara mengelola uang pinjaman bank – Modal usaha adalah salah satu faktor penting untuk membangun dan mengembangkan usaha atau bisnis. Dan, hampir setiap pebisnis selalu mengupayakan modal yang cukup untuk mendukung bisnisnya dapat maju dan berkembang. Jika modal yang dimiliki sangat minim, tidak sedikit pebisnis yang melakukan pinjaman atau mengajukan hutang pada bank.
Namun, tidak sedikit pebsnis yang tidak dapat memanfaatkan pinjaman modal tersebut secara tepat. Untuk itu, Anda harus ekstra berhati-hati agar uang pinjaman bank tersebut dapat menjadi modal usaha yang menguntungkan, bukan sebaliknya malah menimbulkan masalah di kemudian hari hanya karena Anda tidak cermat mengelola pinjaman tersebut.
Nah, bagi Anda yang berniat mengajukan pinjaman pada bank, sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara mengelola uang pinjaman bank agar tidak menimbukan kerugian dan justru akan membuat bisnis Anda bangkrut.

1. Disiplin dalam memisahkan uang pribadi dan uang usaha
Cara mengelola uang pinjaman bank yang kali pertama harus Anda lakukan adalah disiplin dan komitmen dalam memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Hal ini dapat mempermudah Anda dalam mengontrol arus kas, yang berupa pengeluaran dan pemasukan usaha Anda. Untuk itu, Anda harus memiliki dua rekening yang membedakan dua uang tersebut.

2. Komitmen menggunakan uang pinjaman untuk meningkatkan produktivitas kerja
Cara mengelola uang pinjaman bank  yang selanjutnya adalah dengan melakukan perencanaan penggunaan uang usaha sebaik mungkin, terutama untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga dapat melancarkan kinerja bisnis Anda. Seperti, membeli peralatan dan perlengkapan kerja,  membeli bahan baku produk bisnis Anda, mengikuti pelatihan kerja, dan sebagainya.

3. Membuat buku pencatatan keuangan

7 Cara Mengelola Uang Pinjaman Bank

Menuliskan semua arus kas dalam bentuk buku pencatatan keuangan yang meliputi buku kas masuk (BKM) dan buku kas keluar (BKK) juga menjadi salah satu cara mengelola uang pinjaman bank dengan baik. Kedua buku tersebut bermanfaat untuk mencatat semua arus kas bisnis Anda, baik pengeluaran dan pemasukan sehingga Anda dapat mudah melakukan pengecekan arus kas dalam bisnis Anda tersebut.

4. Menyediakan dana khusus untuk membayar angsuran
Cara mengelola uang pinjaman bank juga dapat Anda lakukan dengan menyediakan dana khusus untuk membayar angsuran setiap bulan. Anda harus disiplin untuk tidak "mengganggu" dana khusus ini untuk kebutuhan apapun agar Anda selalu tepat waktu membyar angsuran.

5.Mampu memutar arus kas
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu memutar arus kas. Hal ini merupakan salah satu cara mengelola uang pinjaman bank yang harus diperhatikan. Jadi, Anda harus memastikan alur putaran kas Anda yang meliputi pengelolaan hutang, piutang, dan persediaan berjalan dengan baik, tidak lambat. Hal ini sangan mendukung keberlangsungan bisnis Anda.

6. Menginvestasikan keuntungan untuk mengembangkan bisnis

7 Cara Mengelola Uang Pinjaman Bank

Menginvestasikan keuntungan yang telah Anda dapatkan dari bisnis untuk mengembangkan bisnis Anda tersebut juga menjadi salah satu cara mengelola uang pinjaman bank. Anda bisa menyisihkan hasil keuntungan bisnis Anda untuk membuka cabang baru, membeli peralatan baru yang lebih canggih, meningkatkan kualitas produk bisnis Anda, dan sebagainya.

7.Jangan gunakan uang pinjaman bank untuk kebutuhan konsumtif
Tidak menggunakan uang pinjaman untuk kebutuhan konsumtif juga termasuk salah satu cara mengelola uang pinjaman bank yanh tepat. Anda harus selalu mengingat akan tujuan awal mengajukan pinjaman ke bank hanya untuk tujuan mengembangkan bisnis, bukan untuk membiayai kebutuhan berbelanja, plesir, makan, dan kebutuhan pribadi Anda setiap hari.

Demikian beberapa cara mengelola uang pinjaman bank yang perlu Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun bisnis yang Anda miliki belum berhasil dan menguntungkan maka Anda sebaiknya segera melakukan cara lain, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha secara baik dan tepat sehingga omset bisnis Anda dapat naik dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Pelatihan Zona Kaya, solusi masalah usaha Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Konsultasi

Apakah saat ini Anda sedang menghadapi berbagai masalah hidup? JANGAN CEMAS, Jangan Khawatir masih ada jalan untuk mendapatkan SOLUSINYA !!! Jangan biarkan masalah Anda menjadi kronis. Segera Datang dan Konsultasikan Masalah Anda HANYA dengan SOLUSI KHUSUS BIOENERGI bersama HM Syaiful M. Maghsri. Hubungi HP 081 827 8880 | 0853 2727 1999 |(0274) 412446 (Office) Invite PIN BB 2321942A | WA 081 827 8880